• Breaking News

    BI SUDAH MELUNCURKAN UANG NKRI BARU

    Thursday, April 25, 2013

    > 52,144 Ton Beras Paceklik Nelayan Dibagikan.






    ( Brebes ) - Singosari Fm, Sebanyak 52,144 ton beras paceklik bagi nelayan telah di bagi Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE. Pembagian dilakukan secara simbolik untuk mengantisipasi dampak krisis kekurangan pangan akibat cuaca buruk angin baratan. Yang menyebabkan para nelayan tidak bisa melaut karena gelombang laut yang tinggi. Sehingga membahayakan nelayan itu sendiri.

    Bupati berharap, para nelayan pada saat terjadi angin baratan bisa memiliki pekerjaan alternatif. Sehingga tidak tinggal diam di rumah. Pekerjaan atau kegiatan produktif bisa diciptakan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian warga. “Beras ini hanya stimulan, jadi jangan jadi cegeran (diandalkan),” pesan Bupati belum lama ini. Dalam menangkap ikan, Bupati juga menyarankan agar jangan menggunakan alat-alat yang dapat membahayakan diri sendiri dan merusak lingkungan, seperti bom ikan. Meski kita doa berdoa agar mendapatkan hasil tangkapan yang banyak tetapi juga perlu melestarikan pantai dan kandungan ikan di dalamnya. Sehingga bisa bertahan sampai tujuh turunan atau bahkan selamanya.

    Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Brebes Slamet Riyadi menjelaskan, sepanjang pantai Losari hingga Kaligangsa terdapat lebih kurang 13 ribu nelayan. Pada bulan Februari dan Maret terjadi angin baratan. Sehingga banyak nelayan yang tidak melaut demi keselamatan jiwanya.Beras nelayan dibagi di lima kecamatan yakni Brebes, Wanasari, Bulakamba, Tanjung dan Losari. Masing-masing nelayan mendapatkan 4 kilogram beras. Beras ini diambil dari stok bencana alam yang disediakan olah Pemerintah Kabupaten Brebes sebanyak 100 ton pertahun. “Paceklik yang dialami para nelayan dikategorikan sebagai bencana alam, maka mereka berhak mendapatkan beras bencana alam,” kata Slamet.

    Pembagian dilakukan selama dua hari, pada Senin (22/4) meliputi Kecamatan Brebes, Wanasari dan Bulakamba. Sedangkan hari Selasa (23/4) meliputi kecamatan Tanjung dan Losari. “Bantuan ini diberikan tahunan bila terjadi paceklik pantai,” tambah Slamet.





    No comments:

    Post a Comment

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Fashion

    Beauty

    Travel