• Breaking News

    BI SUDAH MELUNCURKAN UANG NKRI BARU

    Wednesday, April 24, 2013

    Siswa SMP 2 Jatibarang Suling Kulit Jeruk Jadi Minyak Sari


                 
    BREBES-SINGOSARI- Sebanyak tiga siswa SMP Negeri 2 Jatibarang Brebes berhasil membuat alat penyulingan sederhana untuk mengubah Kulit Jeruk menjadi minyak sari kulit jeruk. Keberhasilan mereka mendapat ganjaran sebagai sebagai karya terbaik tingkat Kabupaten Brebes dalam lomba Kinerja IPA tingkat Kabupaten Brebes.
                    Adalah Mahariqi Sintia Sari kelas VIII i, Nabila Maarsa Dhiya Ulhaq (VIII g) dan Septiyani Wulan Mayangsari (VII d) berhasil memanfaatkan barang-barang bekas menjadi alat destilasi (penyulingan). “Kami memanfaatkan botol aqua, bambu, rafia, seng, pasir dan botol kaca selai sebagai alat destilasi,” ungkap Mahariqi di ruang Kepala SMP 2, Rabu (24/4).
                    Menurutnya, alat sederhana itu bisa menyuling kulit jeruk menjadi parfum, minyak aroma terapi dan lotion anti nyamuk. Kulit jeruk itu di daur ulang (recycle) untuk kemanfaatan kebutuhan minyak sari wewangian. Sehingga bisa menghemat biaya dan menambah in come bagi masyarakat. “Maka jangan sampai kulit jeruk itu dibuang sia-sia,” sambung Mahariqi.
                    Menurut Nabila, dari 1 ons kulit jeruk dapat menghasilkan minyak wangi sebanyak 5 miligram. Dari jenis kulit jeruk manapun, dapat dilakukan penulingan. “Perbedaannya pada jenis wewangian,” tambah Nabila.
                    Pembina Karya Ilmiah Remaja (KIR) SMP N 2 Jatibarang Arif Rachman Hakim menjelaskan, anak didiknya melakukan eksperiment selama lebih kurang 3 bulan. Dalam pencariannya selalu mengalami kegagalan dan tanpa patah arang akhirnya bisa terbukti hasil percobaan dan karya ilmiahnya. “Alhamdulillah, mereka sangat gigih untuk mendapatkan hasil penelitian dari alat destilasi sederhana minyak sari kulit jeruk,” ungkapnya.
                    Kepala SMP N 2 Brebes Idi Fitriyadi MPd mengaku bangga anak didiknya melakukan penelitian sederhana yang bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat. Upaya anak-anak boleh dibilang hanya terobosan kecil, yang bisa direkomendasikan kepada perusahaan tertentu untuk dijadikan alat yang modern dan bermanfaat untuk masyarakat banyak.

    No comments:

    Post a Comment

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Fashion

    Beauty

    Travel