• Breaking News

    BI SUDAH MELUNCURKAN UANG NKRI BARU

    Tuesday, October 1, 2013

    Tanda belok kiri langsung di perempatan tidak efektif sehingga dihapus.



    Singosari FM, (Tegal) - Rambu isyarat atau tanda papan belok kiri langsung yang terpasang di sejumlah titik perempatan, maupun pertigaan jalan di wilayah lalulintas Kota Tegal, Jawa Tengah, mulai Senin 30 September 2013 kemaren dibersihkan. Pasalnya, papan tanda belok kiri langsung itu dinilai sudah tidak efektif lagi bagi pengguna jalan.

    Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Drs Khaerul Huda, Senin 30 September 2013.

    Menurut Khaerul, keberadaan tanda belok kiri langsung itu justru cenderung membahayakan pengguna jalan lain, baik dari arah berlawanan maupun dari jalur yang searah. Untuk kondisi jalan raya di dalam Kota Tegal, tanda peringatan belok kiri langsung tidak lagi efektif. Karena, jalan-jalan utama di dalam kota tidak memiliki jalur pedestrian. Jika ada jalur pedestrian, mungkin tanda belok kiri langsung itu diberlakukan.

    Lebih jauh Khaerul menjelaskan, pencabutan tanda belok kiri langsung itu sekaligus sebagai upaya penegakan aturan yaitu Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Pada 112 ayat 3 Undang Undang itu disebutkan, bahwa pada persimpangan jalan yang dilengkapi isyarat lalu lintas, pengemudi kendaraan dilarang langsung berbelok kiri, kecuali ditentukan lain oleh rambu lalu lintas atau alat pemberi isyarat.

    Dengan tidak adanya tanda belok kiri langsung itu maka secara otomatis setiap kendaraan yang melintas di pertigaan maupun perempatan jalan , harus menyesuaikan dengan rambu-rambu trafick light ujarnya.

    Khaerul menambahkan, terkait dengan pencabutan pemberlakuan belok kiri langsung itu, pihaknya akan mensosialisasikan secara sporadis kepada seluruh pengguna jalan khususnya warga Kota Tegal. Untuk sanksi pelanggaran lalulintas diserahkan wewenangnya kepada Polisi Lalulintas tegasnya.                                                   
                




    No comments:

    Post a Comment

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Fashion

    Beauty

    Travel