• Breaking News

    BI SUDAH MELUNCURKAN UANG NKRI BARU

    Wednesday, December 11, 2013

    PNPM , Satu Desa Satu Miliar.


    Singosari Fm, (Brebes) - Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM MP) tahun 2013 berkonsentrasi merealisasikan program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK). Sebanyak 9 desa dan kelurahan berkesempatan mendapatkan program tersebut guna mentransformasi perubahan sosial demi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Demikian laporan Kepala Bidang Cipta Karya DPU Taru  Ir Yurisman selaku Ketua Panitia  Lokakarya PLPBK tahun 2013 Kabupaten Brebes, di Aula Bappeda Brebes, Selasa (10/12/2013).

    Yurisman menuturkan, kesembilan desa dan kelurahan berada di dua kecamatan yakni Kec Brebes dan Kec Bumiayu. Enam desa dan Kelurahan berada di Kec Brebes yakni Kelurahan Limbangan Wetan, Kelurahan Pasarbatang, Desa Kaliwlingi, Desa Padasugih, Desa Randusanga Kulon dan Desa Tengki. Dan tiga desa berada di Kec Bumiayu meliputi Desa Pamijen, Desa Kaliwadas dan Desa Kalilangkap. Tiap Desa atau Kelurahan di dua Kecamatan tersebut masing-masing mendapatkan Rp 1 Milyar, terang Yurisman. Lokakarya terkait pula dengan pelaksanaan program–program yang sudah digulirkan sejak tahun 2007. Meliputi program PNPM P2KP, PNPM Mandiri Perkotaan Reguler (setiap tahun dilaksanakan), Program PAKET ( Penanggulangan Kemiskinan Terpadu ) dan PLPBK. “Program PLPBK merupakan intervensi paling akhir dalam tahapan transformasi perubahan sosial,” papar Yurisman.

    Penyelenggaraan Lokakarya PLPBK tahun 2013 ini menghadirkan seluruh komponen masyarakat di Kabupaten Brebes yang meliputi unsur Pemerintahan Daerah, DPRD, Swasta, perguruan tinggi, kelompok peduli, media massa dan masyarakat. Dimaksudkan adalah dalam rangka membangun kesamaan pemahaman substansi dan tanggung jawab pengendalian di seluruh stakeholder di tingkat Kabupaten.
    Lewat lokakarya PLPBK, diharapkan adanya kesamaan pemahaman dan persepsi dari seluruh stakeholders kabupaten mengenai visi, misi dan strategi PLPBK PNPM Mandiri Perkotaan. Antara Pemerintahan Kabupaten dan Kelompok Peduli saling memahami peran dan fungsinya dalam pelaksanaan kegiatan PLPBK PNPM Mandiri Perkotaan. Disamping itu, Stakeholders tingkat Kabupaten bersepakat mengakomodir tugas dan fungsi Koordinasi Pelaksanaan PLPBK kepada Tim Koordinasi (Pokja) PNPM MP yang telah ada dengan anggota terdiri dari pejabat instansi terkait di daerah di bawah koordinasi TKPKD Kabupaten. Kordinator PNPM MP  Dewi Milasari berharap dalam PNPM ini terjadi perubahan sosial dari masyarakat tidak berdaya menjadi masyarakat berdaya, dari masyarakat berdaya menjadi masyarakat mandiri. “Endingnya, dari masyarakat mandiri menjadi masyarakat madani,” terang Dewi. Karena PLPBK ini merupakan upaya Penataan Lingkungan Permukiman yang Berbasis Komunitas, maka perlu membangun komitmen bersama. Diupayakan, secara integral pihak-pihak terkait bisa menciptakan penataan kawasan terpadu.sasaran utama dari program ini adalah proses peningkatan kapasitas masyarakat agar dapat melakukan proses pembangunan wilayahnya sendiri, memenuhi kebutuhannya sendiri dan mau berproses dengan berperan aktif untuk peningkatan kesejahteraannya sendiri. Program ini, lanjutnya, tidak bisa hanya menjadi milik pada salah satu Leading Sektor dari program ini saja. Tetapi menjadi tanggung jawab bersama semua dinas dan instansi yang ada di pemerintahan Kabupaten Brebes. Bahkan sangat diharapkan peran serta seluruh stakeholder yang ada di kabupaten Brebes ini baik dunia usaha maupun Lembaga-lembaga pendidikan, LSM serta semua unsur masyarakat.

    Dewi menjelaskan, penggguliran program BLPBK patut disyukuri bersama karena karena proses mendapatkan program ini dilalui dengan kompetisi antar BKM/LKM dari se-Indonesia. Artinya, Brebes diberi kepercayaan lebih oleh pemerintah pusat untuk mengelola kegiatan dalam rangka pembangunan masyarakat kabupaten Brebes.    
    Bertindak sebagai narasumber Kepala  Bappeda Brebes Ir Djoko Gunawan MT, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang kab. Brebes Syatibi MM, Sub Tenaga Ahli Monev PLPBK PNPM OSP-5 Jawa Tengah Rudi Santosa SE MSi dan Best Practise dari pelaksanaan PLPBK di BKM Sejahtera mandiri Kelurahan Kebon Dalem Kabupaten Kendal Budi Santoso.
       
    Acara dibuka Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE yang diwakili Wakil Bupati Brebes Narjo. Bupati mengajak kepada seluruh elemen untuk bersama-sama memantau kegiatan PLPBK agar berjalan dengan baik dan tidak terjadi penyelewengan. “Mari kita sama-sama memantau kegiatan ini agar Sukses,” ajaknya. Disamping itu, Bupati juga mengajak untuk bersama-sama mendukung pelaksanaan program PLPBK di Kabupaten Brebes sesuai dengan kapasitas dan kemampuan. Sehingga tercipta lingkungan permukiman yang tertata dengan baik sesuai peruntukannya dalam RTRW Kab. Brebes. memang didalam proses pembangunan PLPBK ada stimulan dana yang teralokasikan 1 desa 1 milyar  dari Pemerintah Pusat, tetapi hal itu tidak serta merta bisa direalisasikan karena dibutuhkan proses dan keterlibatan aktif semua elemen masyarakat.

    No comments:

    Post a Comment

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Fashion

    Beauty

    Travel