• Breaking News

    BI SUDAH MELUNCURKAN UANG NKRI BARU

    Wednesday, November 12, 2014

    Daerah Masih Menunggu Program KIS Presiden RI.


    Singosari Fm, (Brebes)  - Meski sudah diluncurkan program Kartu Indonesia Sehat (KIS), sosialisasinya belum sampai ke sejumlah daerah, seperti di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah (Jateng). Kartu Indonesia Sehat (KIS) adalah salah satu kartu jaminan sosial yang baru-baru ini diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo. KIS ini merupakan program penerus dari BPJS.

    Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Brebes, dr. Sri Gunadi mengatakan, hingga kini insitansinya belum mendapatkan pengarahan apapun terkait KIS. Karena itu, pihaknya tidak bisa menjelaskan mengenai pelaksanaan prosedur pelaksanaan KIS. Sampai saat ini kami belum menerima data maupun petunjuk pelaksana (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) program KIS. Kami sampai sekarang masih menunggu karena itu semua menjadi kewenangan pusat. Daerah sejauh ini hanya pelaksana di lapangan," ujar Sri Gunadi, Selasa 11 November 2014.

    Menurut dia, kerawanan terhadap program KIS memang ada, khususnya terkait data calon penerima. Karena itu, pihaknya akan berupaya mengantisipasi terjadinya kerawanan tersebut. Salah satunya, dengan memastikan calon penerima harus tepat sasaran.

    Pihaknya juga meminta dalam program KIS itu nantinya janghan sampai tumpang tindih dengan penerima program BPJS atau Jamkesmas. Sebab, Pemegang KIS nantinya adalah warga miskin yang tidak terdaftar dalam BPJS maupun Jamkesmas. Persoalan ini yang kami khawatirkan terjadi di lapangan. Karenanya, data yang nantinya muncul jangan sampai tumpang tindih, baik dengan BPJS dan Jamkesmas," pintanya.

    Dia menambahkan, kekhawatiran itu muncul karena berdasarkan pengalaman sebelumnya. Di saat penerapan kartu Jamkesmas beberapa tahun lalu, ternyata banyak tidak tepat sasaran, dan masih banyak warga dari kalangan tidak mampu, khususnya rumah tangga baru yang tidak masuk dalam daftar Jamkesmas. Sehingga dulu banyak pasien yang dirawat di rumah sakit, terpaksa dipulangkan karena ketidakadaan biaya dan tidak memiliki kartu Jamkesmas. Kami harap ini jangan sampai terjadi. Ini merupakan bagus yang harus dilaksanakan dengan baik pula," tandasnya.

    No comments:

    Post a Comment

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Fashion

    Beauty

    Travel