• Breaking News

    BI SUDAH MELUNCURKAN UANG NKRI BARU

    Tuesday, December 30, 2014

    Kantor Pertanahan Brebes Rampungkan 3050 Sertifikat Program Legalisasi Aset.


    Singosari Fm, (Brebes) - Kantor Pertanahan Kabupaten Brebes merampungkan 3050 sertifikat tanah program Legalisasi Aset dalam tahun 2014.  Sertifikat telah diserahkan seluruhnya kepada pemilik tanah, program Legalisasi Aset yang meliputi Program nasional (Prona), Redistribusi tanah (Redis) Nelayan, Pertanian, Usaha Kecil dan Menengah (UKM).
    “Kami mendapat alokasi 3050 bidang dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Alhamdulillah semuanya sudah rampung hingga akhir tahun 2014 ini,” tutur Kepala Kantor Pertanahan Kab Brebes Gunung Jayalaksana SE MM, di ruang kerjanya Selasa (30/12/14).

    Gunung merinci, dari 3050 bidang itu semuanya mendapatkan bantuan dana dari APBN Pusat dan peruntukannya bagi warga miskin. Program Legalisasi Aset tersebut terdiri dari Prona 2500 bidang, UKM 100 bidang, Nelayan Budidaya 100 bidang, Nelayan Tangkap 200 bidang dan Redistribusi Tanah 150 bidang. “Tanah-tanah tersebut tersebar di 17 kecamatan se Kabupaten Brebes,” terangnya.

    Selain program pembiayaan APBN, lanjutnya, BPN Brebes juga telah merampungkan ribuan sertifikasi rutin swakelola masyarakat, yang dibiayai oleh masyarakat sendiri karena keterbatasan dana APBN. Biaya yang dikeluarkan masyarakat sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang ketentuannya sudah ditetapkan oleh undang-undang.  Yang jelas, kami siap mendukung masyarakat dengan pelayanan yang prima tanpa berbelit-belit. “Makanya kalau mengurus sertifikat jangan lewat calo agar tidak dikibuli,” jelasnya.

    Selain itu, BPN Brebes juga sangat mendukung program Pemkab Brebes seperti sertifikasi tanah pemerintah, asset, pondok pesantren, maupun wakaf tanah.
    Dengan sertifikasi tanah, kata Gunung, banyak keuntungan yang didapatkan. Utamanya ada kepastian hukum kepemilikan tanah. Bagi petani misalnya, sertifikat tanah bisa menjadi modal usaha sebagai agunan ke Bank. 

    Yang tidak kalah penting, dengan sertifikasi tanah bisa menunjang Pendapatan Asli Daerah (PAD) berupa Bea Perolehan Hak Tanah dan Bangunan (BPHTB). “Karena sudah tercatat di BPN maka bisa diketahui seberapa luas prosentase kepemilikan tanah di kabupaten Brebes,” tandasnya.

    No comments:

    Post a Comment

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Fashion

    Beauty

    Travel