• Breaking News

    BI SUDAH MELUNCURKAN UANG NKRI BARU

    Thursday, January 1, 2015

    Rawan Dikorupsi, ADD Tahun 2015 Capai Rp 127 M.

    (Brebes) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes, Jawa Tengah (Jateng), mengalokasikan Anggaran Dana Desa (ADD) untuk tahun anggaran 2015 mencapai Rp 127 miliar. Bantuan dana yang diperuntukan bagi pembangunan desa pada tahun 2015 itu, jumlahnya lebih besar dibandingkan pada ADD tahun 2014 yang mencapai Rp 21 miliar.

    Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Desa (Pemdes) Setda Pemkab Brebes, Tatag Koesadiyanto mengatakan, kenaikan bantuan ADD yang sangat signifikan itu atas dasar amanat Undang-undang Desa, dimana minimal 10 persen diperoleh dari dana perimbangan setelah dikurangi Dana Alokasi Khusus (DAK). Seluruh desa di Indonesia sama, dapat peningkatan ADD yang dananya diperoleh dari APBD," ujar Tatag, Rabu 31 Desember 2014.

    Menurutnya, selain akan mendapatkan ADD yang jumlhanya sangat signifikan itu, desa juga dimungkinkan akan mendapatkan dana desa, kemudian dana bagi hasil pajak retribusi daerah. Bahkan, juga dimungkinkan akan mendapatkan bantuan keuangan dari APBD daerah Provinsi maupun ABPN.

    Banyaknya bantuan dana desa yang diperuntukan, baik untuk pembangunan desa dan tunjangan perangkat desa, termasuk didalamnya BPD ini, lanjut Tatag, rawan dikorupsi atau disalahgunakan oleh oknum Kepala Desa (Kades).

    Untuk menghindari penyalahgunaan bantuan dana untuk desa tersebut, pihaknya menghimbau agar setiap terjadi persoalan yang menyangkut terkait bantuan dana tersebut untuk diselesaikan secara musyawarah dengan melibatkan warga dan BPD. 

    Selama ini yang sering terjadi ketika desa terdapat persoalan bantuan dana untuk desa, diselesaiakn sendiri tanpa melibatkan warga/masyarakat juga BPD. Ini yang harus dihindari bagi Kades maupun aparat pemerintahan desa lainnya. Tujuannya agar nantinya dalam mengelola bantuan dana untuk desa tidak disalahgunakan," tandasnya.

    No comments:

    Post a Comment

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Fashion

    Beauty

    Travel