• Breaking News

    BI SUDAH MELUNCURKAN UANG NKRI BARU

    Friday, January 9, 2015

    Sejumlah Desa Alami Kelangkaan Gas Elpiji 3 Kg.

    Singosari Fm, (Brebes) - Sejumlah desa di dua kecamatan, yakni Kecamatan Bulakamba, dan Larangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah (Jateng), saat ini mengalami kelangkaan gas elpiji ukuran 3 kg. Hal itu menyusul akibat pengecer gas elpiji mengalami kekosongan stok. Atas kelangkaan elpiji bersubsidi tersebut, warga meminta Pemkab Brebes melalui dinas terkait untuk menggelar operasi pasar untuk segera ditangani.

    Warga Desa Tegalgalah, Kecamatan Bulakamba, Subkhan mengatakan, sudah tiga hari terakhir warga di desanya kesulitan mendapatkan gas elpiji 3 kg. Padahal gas kini sudah menjadi bahan bakar pokok warga untuk memasak. Bahkan, warga yang mempunyai usaha warung makan juga terancam tutup karena kesulitan mendapatkan gas. Sudah tiga hari saya mencari gas 3 kg habis semua. Stok di warung-warung selaku pengecer kosong. Kalau ada harganya tinggi mencapai Rp 18.000/ tabung, padahal normalnya antara Rp 15.000-16.000/ tabung," ujarnya, Kamis 8 Januari 2015.

    Menurut dia, tak hanya di desanya, kelangkaan gas 3 kg juga melanda sejumlah desa tetangga. Di antaranya, Petunjungan dan Banjaratma. Bahkan, di Desa Sitanggal Kecamatan Larangan juga mengalami kelangkaan. "Saya sempat mencari gas 3 kg di desa-desa itu, tetapi stoknya juga kosong," katanya.

    Lebih lanjut Subhkan mengatakan, warga meminta kelangkaan itu segera ditangani. Salah satunya, Pemkab diminta menggelar operasi pasar. Sehingga, stok di desa yang mengalami kelangkaan bisa normal. Jika kondisi demikian dibiarkan, dampaknya akan semakin parah.

    Pengecer gas 3 kg di Desa Petunjungan, Kecamatan Bulakamba Nurzaman mengaku, sudah dua hari mengalami kelangkaan stok. Itu terjadi akibat pasokan dari agen yang berkurang. Semula agen memasok gas dua kali seminggu, tetapi sekarang hanya sekali seminggu. Itu pun jumlah kuotannya berkurang, yang biasanya 70 tabung, saat ini hanya 50 tabung. Sementara, jumlah pelanggan tetap. Kalau seperti ini ya kami tidak bisa berbuat banyak, karena agen memang memasoknya terbatas," ungkapnya.

    Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemkab Brebes, Zaenudin AK mengatakan, pihaknya memang mendapat info ada sejumlah desa yang mulai mengalami kelangkaan gas 3 kg. Untuk itu, pihaknya akan cek ke lapangan dan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mengelar operasi pasar. Kalau hasil cek lapangan butuh operasi pasar, kami akan koordinasikan dengan instansi terkait," ungkapnya.

    Terpisah Kabag Perekonomian Setda Pemkab Brebes, Daan Susanto menjelaskan, kelangkaan gas 3 kg memang sudah dirasakan di sejumlah desa di Brebes. Kondisi itu juga dialami di kabupaten/ kota lain. Untuk mengatasi kelangkaan itu, pihaknya sudah mengajukan penambahan kuota. Untuk bulan Januari ini akan ada tambahan 2 LO/ agen. Sehingga total penambahan di Brebes dengan 17 agen sebanyak 34 LO atau sebanyak 19.040 tabung. Tambahan ini mulai direalisasikan Sabtu 10 Januari mendatang. 

    Sedangkan masalah operasi pasar, kami akan koordinasikan dengan agen dan instansi terkait. Kami harapkan tambahan ini bisa mengatasi kelangkaan," paparnya.

    No comments:

    Post a Comment

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Fashion

    Beauty

    Travel