• Breaking News

    BI SUDAH MELUNCURKAN UANG NKRI BARU

    Tuesday, August 30, 2016

    DINPARBUDPORA INVENTARISIR JEJAK SEJARAH

    BREBES - Sejak ditemukannya artefak baik fosil maupun bangunan sejarah di Brebes bagian selatan, bermunculan juga penemuan yang lain. Beberapa bulan yang lalu dilaporkan telah ditemukan artefak dan jejak sejarah di desa Laren Kecamatan Bumiayu.

    Artefak yang ditemukan oleh warga ini berupa reruntuhan candi dan patung Lembu andini. Dari penemuan tersebut diduga masih ada bangunan berupa candi yang terpendam.

    Kasi Sejarah dan Purbakala dari Dinparbudpora, Wijanarto saat ditemui di ruang kerjanya Selasa, 30 Agustus 2016 menjelaskan terkait adanya penemuan tersebut. Dipaparkan oleh wijan bahwa jejak sejarah tersebut sudah lama ditemukan oleh warga sekitar yang kemudian melaporkan kepada pihak terkait yang dalam hal ini Dinparbudpora.

    Wijan melanjutkan ihwal temuan ini merupakan situs sejarah dari jaman hindu klasik, terbukti ditemukannya patung lembu yang merupakan kendaraan dewa Shiwa. Masyarakat sekitar menyebutnya sebagai lumpang jaran.

    Pemkab sudah mengupayakan konservasi, dan pada tahun 2014 disampaikan ke balai arkeologi Yogyakarta. Direncanakan tahun 2017 nanti akan dilakukan ekskavasi untuk menggali bangunan yang terpendam.

    Selain di Laren, pihaknya juga akan melakukan inventarisasi terhadap beberapa daerah yang dimungkinkan terdapat peninggalan sejarah.

    No comments:

    Post a Comment

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Fashion

    Beauty

    Travel