• Breaking News

    BI SUDAH MELUNCURKAN UANG NKRI BARU

    Wednesday, August 31, 2016

    INGIN MENGURUS PASPOR, BEGINI MEKANISMENYA


    Dalam rangka memberikan kemudahan pembuatan paspor, Kantor Imigrasi pemalang melakukan sosialisasi lewat Radio yang berlangsung di Singosari FM Brebes pada hari Rabu 31 Agustus 2016.

    Acara ini dihadiri oleh Kasubsi Insarkom Kantor Imigrasi Pemalang Arohim Yudi, S.Kom. Dialog mengetengahkan tema tentang pengurusan paspor. Dijelaskan oleh Yudi, bahwa seseorang yang akan mengurus paspor, wajib mengurus kelengkapan berkas, diantaranya KTP, KK dan akta kelahiran. Setelah kelengkapan berkas sudah siap, selanjutnya dilakukan wawancara untuk memperjelas data yang diserahkan dan nantinya akan mendapat perintah pembayaran di bank. Struk pembayaran dari Bank inilah yang nantinya akan dipergunakan untuk pengambilan paspor. Pemohon bisa mengambil paspor paling tidak empat hari setelah pendaftaran.

    Yudi menambahkan, untuk pembayaran pembuatan paspor mulai 1 September 2016, bisa dilakukan di 78 Bank dan Kantor Pos, yang dulunya hanya kerjasama dengan satu Bank saja.

    Ditanya tentang biaya, Ia menjelaskan untuk paspor 24 halaman dikenakan 155 ribu sedangkan 48 halaman biayanya 355 ribu, untuk paspor hilang, kantor imigrasi memberlakukan denda dan totalnya hingga 655 ribu.

    Masyarakat kini sudah dimudahkan dengan pelayanan Kantor Imigrasi Pemalang, terbukti seiring perkembangan zaman, hadir pula pendaftaran on line. Mekanismenya sama, hanya saja untuk kelengkapan berkas lebih efisien dengan mengisi formulir data pemohon yang bisa di akses via www.imigrasi.go.id, alur selanjutnya sama dengan mekanisme manual.

    Dalam kesempatan itu Yan Tantowi selaku presenter juga menanyakan ihwal pelayanan paspor calhaj. Dijelaskan bahwa kemarin pihak imigrasi melayani 150 orang per hari. Kerjasama yang baik antara Imigrasi dan Kemenag semakin memuluskan proses permohonan paspor calhaj.

    Dalam sesi terakhir Dialog, pihak Imigrasi Pemalang juga menegaskan bahwa untuk paspor haji dan umroh harus ada rekomendasi dari pihak Biro Perjalanan karena mereka bertanggung jawab mulai dari pemberangkatan sampai dengan pemulangan.

    No comments:

    Post a Comment

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Fashion

    Beauty

    Travel