• Breaking News

    BI SUDAH MELUNCURKAN UANG NKRI BARU

    Friday, August 26, 2016

    RATUSAN PRAMUKA BREBES ARAK TUNAS KELAPA




    Estafet Tunas Kelapa (ETK) diselenggarakan dengan maksud untuk memasyarakatkan Gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan generasi muda, meningkatkan pembinaan khususnya pada anggota Gerakan Pramuka Jawa Tengah serta dalam rangka menyemarakkan 55 Tahun Gerakan Pramuka.

    Estafet Tunas Kelapa (ETK) sebagai ciri khas kegiatan Kwartir Daerah Jawa Tengah sekaligus sebagai kegiatan tradisi setiap Tahun yang perlu dipertahankan dan ditingkatkan sebagi alat untuk mencapai tujuan Gerakan Pramuka yaitu membentuk manusia yang berkarakter, berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur sebagai warga negara Republik Indonesia yang berjiwa Pancasila. Hal lain yang ingin dicapai pada kegiatan ini adalah memasyarakatkan Gerakan Pramuka, karena pada dasarnya Pramuka dan masyarakat merupakan bagian yang tak terpisahkan.

    Berbekal keinginan tersebut maka Kwartir Daerah Jawa Tengah menyelenggarakan ETK Tahun 2016 dengan start dari 14 (empat belas) titik Kwartir Cabang Kabupaten/Kota, yang selanjutnya menuju satu titik di Kabupaten Karanganyar sebagai pusat Peringatan 55 Tahun Gerakan Pramuka Tingkat Jawa Tengah.

    Salah satu titik pemberangkatannya adalah di wilayah Kabupaten Brebes dengan bendera pataka ETK Kwarda Jateng yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 dan 27 Agustus 2016. ETK akan melintasi wilayah kwarran Brebes dan Kwarran Jatibarang dilanjutkan serah terima dengan Kwarcab Kabupaten Tegal di Desa Selapura Dukuhwaru Kabupaten Tegal.

    Untuk etape pertama, diadakan upacara pembukaan oleh Wakil Bupati Brebes di Pendopo Brebes pukul 07.00 WIB yang juga dihadiri Kapolres dan KaKwarcab, hari Jum’at 26 Agustus 2016 kemudian ETK dilanjutkan menuju desa Krasak masih kwarran Brebes dan menuju Kwarran Jatibarang di SD 2 dan 3 Pemaron. Sebelumnya sekitar limaratusan pramuka mengiringi arak – arakan tunas kelapa mengelilingi kota Brebes yang diramaikan juga dengan marching band.

    Di tengah hari, rombongan melakukan sholat Jum’at dahulu dan dilanjutkan kembali untuk estafet menuju SD kendawa dan disemayamkan dahulu di Kantor Kecamatan Jatibarang. Malam harinya, rombongan ETK melakukan Bakti Pramuka Peduli sarasehan.

    Untuk serah terima dengan Kwarcab Kabupaten Tegal dilakukan hari Sabtu, 27 Agustus 2016 tepatnya di desa Selapura Kabupaten Tegal. (rdt)


    No comments:

    Post a Comment

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Fashion

    Beauty

    Travel