• Breaking News

    BI SUDAH MELUNCURKAN UANG NKRI BARU

    Thursday, September 8, 2016

    APA ITU IZIN TINGGAL KUNJUNGAN?? INI PENJELASAN KANTOR IMIGRASI PEMALANG




    BREBES - Masyarakat luas khususnya eks Karisidenan Pekalongan, mengenal Kantor Imigrasi sebagai kantor pelayanan paspor karena pelayanan inilah yang erat hubungannya dengan paspor RI. Namun demikian bukan hanya itu saja tugas dari Kantor Imigrasi pemalang. Salah satunya adalah menangani Izin Tinggal Kunjungan.

    Bermuara dari hal tersebut, Kantor Imigrasi Pemalang kembali melakukan sosialisasi lewat Dialog Interaktif di Singosari FM Brebes hari Kamis, 8 September 2016. Hadir dalam kesempatan itu Kasubsi Insarkom Kantor Imigrasi Pemalang Arohim Yudi, S.Kom yang menjelaskan bahwa Izin Tinggal Kunjungan diberikan kepada orang asing untuk berada di wikayah Indonesia.

    Ada beberapa izin tinggal yang dikeluarkan, satu diantaranya adalah Izin Tinggal Kunjungan, Izin ini diberikan pada orang asing dengan visa kunjungan, anak baru lahir yang orang tuanya pemegang izin tinggal kunjungan.

    ITK diberikan oleh pejabat Imigrasi untuk jangka waktu 60 hari sejak tanggal tanda masuk. Tanda masuk ialah tanda tertentu, berupa cap yang dibubuhkan pada dokumen perjalanan WNI dan orang asing, baik manual maupun elektronik.

    Ada kriteria pemberian ITK untuk satu kali perjalanan, diantaranya adalah Kunjungan Wisata, Keluarga, Sosial, Seni Budaya, tugas pemerintahan, Studi banding, Jurnalistik dan yang lainnya.

    Akan tetapi ITK dapat dibatalkan manakala orang asing tersebut melakukan tindak pidana, melakukan kegiatan berbahaya bagi ketertiban umum, melanggar undang-undang, memberikan informasi yang tidak benar dalam pengajuan ITK, dan dikenai Tindakan Administratif Keimigrasian.

    Sementara itu pihak Imigrasi dapat menolak permohonan ITK apabila nama orang asing tersebut masuk dalam daftar penangkalan, dokumen perjalanan diduga palsu, menderita gangguan jiwa dan pengakit menular yang membahayakan, keterangan tidak benar dalam pengurusan visa, terlibat kejahatan internasional, dan diduga terlibat kegiatan yang merugikan negara.

    Izin Kunjungan berakhir ketika orang asing kembali ke negara asalnya, izinnya telah habis, beralih status menjadi Izin Terbatas, izin dibatalkan oleh Pejabat Imigrasi, dideportasi, dan meninggal dunia.

    Di akhir dialog, Presenter bertanya seputar tarif, Yudi menjelaskan bahwa sesuai PP No. 45/2014 tentang Tarif PNBP Kementrian Hukum dan HAM RI, untuk Pemberian Izin Kunjungan seharga Rp. 300.000. Nilai yang sama dikenakan setiap kali perpanjangan izin kunjungan.

    No comments:

    Post a Comment

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Fashion

    Beauty

    Travel