• Breaking News

    BI SUDAH MELUNCURKAN UANG NKRI BARU

    Wednesday, September 7, 2016

    PANWAS HARUS SIAP HADAPI SENGKETA PILKADA




    BREBES - Perselisihan sengketa pilkada yang dilakukan warga di Brebes berlangsung memanas. Hampir terjadi bentrok kedua belah pihak antara pendukung pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, masing - masing saling membenarkan kelompoknya sendiri dan menyalahkan yang lain.

    Tidak terima dengan pelaksanaa kampanye tertutup yang dilakukan oleh pendukung pasangan calon ( paslon ) lain. Puluhan warga mendatangi kantor panitia pengawas kecamatan ( Panwascam ) setempat untuk mengadu adanya pelanggaran kampanye yang menyalahi jadwal. Hal itu menjadi pemicu keributan karena menjadi ajang perdebatan dann adu argumen antara kedua belah pihak.

    Panwascam yang dibantu aparat kepolisian tidak bisa langsung melerai karena kewalahan dalam menenangkan kedua belah pihak, bahkan kedua belah pihak saling mencaci dan saling mengumpat, dan hampir terjadi baku hantam antara kedua belah pihak.

    Bentrok dan sengketa tersebut merupakan simulasi penanganan sengketa pilkada yang digelar Panwaslih pada Selasa 6 September 2016.

    Kejadian ini dilakukan sebagai simulasi antisipasi penanganan sengketa pilkada yang kerap terjadi pada penyelenggaraan pilkada yang mempunyai dua atau lebih paslon bupati dan wakil bupati. Diharapkan dengan simulasi yang digelar, Panwascam dan Pengawas pemilih lapangan (PPL) lebih siap menghadapi keributan dalam sengketa pilkada Brebes, yang digelar pada bulan Februari 2017 mendatang.

    Selain kegiatan simulasi, Panwaslih juga mengadakan rapat kerja tekhnis (rakernis) mengenai penangan sengketa pilkada dengan cepat. Rakernis ini dipandu langsung oleh ketua Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu ) Jawa Tengah Abhan Misbah.

    Abhan mengatakan, tugas panwas dan jajarannya sangatlah berat, salah satunya menangani sengketa pilkada. Sengketa bisa terjadi antara peserta dengan peserta pemilu lain dan bisa terjadi antara peserta pemilu dengan penyelenggara pemilu.

    Penangan sengketa pilkada bukan hanya ditingkat Panwasluh kabupaten atau kota , tetapi juga menjadi wewenang jajaran dibawahnya yaitu Panwascam dan PPL, sehingga sebisa mungkin diselesaikan secara cepat dan tidak akan meluas dampaknya.

    No comments:

    Post a Comment

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Fashion

    Beauty

    Travel