• Breaking News

    BI SUDAH MELUNCURKAN UANG NKRI BARU

    Friday, October 21, 2016

    IKKON BEKRAF GALI POTENSI BATIK SALEM




    BREBES - Guna memberikan sentuhan dan inovasi terhadap produk untuk lebih bersaing dalam pasar global, Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) meluncurkan Program Inovatif dan Kreatif Kolaborasi Nusantara (IKKON). Program ini membidik 5 daerah di Indonesia dengan potensi produk yang perlu dikembangkan. Salah satunya adalah Kabupaten Brebes, tepatnya di Kecamatan Salem.

    Produk unggulan batik Salem dibidik oleh IKKON, dan pada 21-22 Oktober 2016 digelar pameran produk unggulan Batik Salem di Pendopo Brebes.

    Dijelaskan oleh ketua Tim Sylvie Arizkiany bahwa, Pameran Desain IKKON menampilkan produk kreasi baru, hasil kolaborasi antara pelaku usaha ekonomi kreatif dan pembatik lokal selama 3 bulan terakhir. Tim beranggotakan 12 orang dengan berbagai keahlian, seperti desain produk, interior, grafis, busana, fotografi, videografi, dan pakar antropologi.

    Batik Brebesan diproduksi di tiga desa di Kecamtan Salem, yakni desa Bentar, Bentarsari dan Ciputih. Ada sekitar 300 pembatik yang masih menggelut batik tulis hingga sekarang yang semuanya adalah perempuan.

    Selain batik Salem, ada beberapa produk kolaborasi yang dipamerkan, diantaranya anyaman bambu, anyaman pandan, rotan, kayu, besi dan keramik.

    Salah satu pembatik Tarkinah disela sela pameran mengatakan bahwa dirinya tertarik dan akan menggunakan kolaborasi tersebut dalam motiv dan desain yang ia produksi.

    Dia juga menuturkan, selama ini mendapat ide untuk motif batiknya dari apa yang dilihat disekitarnya, seperti daun, bunga dan alam. Warna yang digunakan pun masih terbatas pada pewarna alami saja. Produksi rata - rata 15 kain batik per bulan, dengan harga 150 ribu di tingkat pengepul.

    Pihak IKKON BEKRAF berharap dengan adanya kegiatan seperti ini, akan lebih mengoptimalkan dan menambah motiv serta perpaduan yang bisa diaplikasikan dalam proses membatik oleh warga lokal Salem.


    No comments:

    Post a Comment

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Fashion

    Beauty

    Travel