• Breaking News

    BI SUDAH MELUNCURKAN UANG NKRI BARU

    Sunday, October 16, 2016

    PAGELARAN WAYANG GOLEK WARNAI TAHUN BARU HIJRIAH




    BREBES - Dalam rangka memperingati Tahun Baru 1438 Hijriah dan Kahul Syeh Junaedi, Dinparbudpora Kabupaten Brebes bekerjasama dengan Pemerintah Desa Randusanga Wetan, menyelenggarakan pagelaran wayang golek yang dipusatkan di halaman parkir makam Syeh Junaedi Randusanga Wetan, Minggu malam 16 Oktober 2016.

    Wayang golek dengan lakon watu gunung, dibawakan oleh Dalang Ki Bonggol (68) dari kemurang wetan. Ia merupakan salah satu guru dari ki enthus susmono, Termasuk membuat karakter lupit dalam wayang santri. Blenderan, Gending khas Brebesan, mengiringi pagelaran wayang golek Group Tri Budaya Laras ini.

    Kepala Dinparbudpora Amin Budi Raharjo dalam sambutannya menegaskan bahwa Pemkab Brebes sangat mengapresiasi adanya pagelaran wayang golek ini. Diharapkan kegiatan tersebut bisa turut serta dalam melestarikan kearifan budaya lokal.

    Lebih lanjut Amin menginginkan semua masyarakat yang hadir, tidak hanya menonton saja, namun dapat mengambil pelajaran dari cerita yang dibawakan. Selanjutnya, Kadinparbudpora akan mengusahakan supaya komplek makam Syeh Junaedi menjadi salah satu cagar budaya. Nantinya warga sekitar bisa memanfaatkan area tersebut untuk menjual produk unggulan Brebes, seperti olahan rumput laut dan lainnya.

    Sementara itu, Kepala Desa Randusanga Wetan Amir Mahmud mengatakan, dalam acara ini juga bebarengan dengan sedekah bumi. Dirinya berharap, mudah-mudahan tahun depan acara seperti ini dapat terlaksana kembali dengan lebih meriah.

    No comments:

    Post a Comment

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Fashion

    Beauty

    Travel