• Breaking News

    BI SUDAH MELUNCURKAN UANG NKRI BARU

    Friday, October 14, 2016

    PETANI AKAN DIKAWAL DARI HULU HINGGA HILIR



    BREBES - Guna menindaklanjuti Sinergi Aksi untuk Ekonomi Rakyat yang sudah dilaunching oleh Presiden Jokowi April 2016 lalu, Pemkab Brebes dan beberapa BUMN sudah menandatangani nota kesepakatan.

    Aksi sinergi ini mengambil tempat di Kabupaten Brebes sebagai pilot project percontohan. Hal ini dikarenakan Brebes merupakan pusat bawang merah, dan produk ini salah satu yang mempengaruhi inflasi.

    Harga bawang merah yang tidak stabil menjadi alasan utama. Sistem yang diterapkan oleh koordinasi beberapa BUMN diharapkan bisa menstabilkan harga bawang merah baik untuk petani sampai tingkat konsumen.

    Dijelaskan oleh Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Dan Hortikultura Budhiarso bahwa, cara kerja dari program ini adalah berjalannya masing - masing unsur BUMN yang bersinergi. Dimulai dari hulu hingga hilir, dari badan usaha yang memberikan kredit permodalan, pada saat masa tanam hingga pemasaran hasil panen, semua proses tersebut akan dikawal oleh BUMN terkait.

    Program tersebut dirangkum dalam Kampung Bawang Merah. Untuk percontohan, Pemkab Brebes menunjuk Desa Jagalempeni. Ketika sistem berjalan dengan baik, maka akan diterapkan di daerah lain.

    Setelah program berjalan dengan baik, hasil panen akan dibeli oleh bulog dan disalurkan melalui Rumah Pangan Kita sebagai kepanjangan tangan dari Bulog. Tidak hanya bawang saja, RPK akan menyediakan semua kebutuhan pokok warga.

    Terkait dengan permasalahan kerugian petani saat panen, Budiarso menjelaskan, ada BUMN yg menangani Asuransi untuk petani. Nantinya ketika petani merugi akan diberikan klaim asuransi yang mana petani sudah membayar premi setiap satu kali masa tanam.

    No comments:

    Post a Comment

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Fashion

    Beauty

    Travel