• Breaking News

    BI SUDAH MELUNCURKAN UANG NKRI BARU

    Thursday, October 20, 2016

    RAMAI RAMAI PANEN UDANG VANAME



    BREBES - Direktur Pembenihan pada Dirjen Perikanan Budidaya, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Ir. Sarifin melakukan panen udang vaname (Penaeus Vannamei) milik Petani udang Kelompok Mulya Sari di Desa Kaliwlingi Kecamatan Brebes pada Rabu 19 Oktober 2016.

    Disela - sela panen Sarifin mengatakan, bisnis udang vaname sangat menguntungkan. Selain mudah, usaha udang vaname juga tahan terhadap penyakit. Sehingga dia mengingatkan, budidaya vaname harus disertai dengan manajemen dan cuaca yang mendukung.

    Sementara itu, Suwiryo, salah seorang petani udang mengatakan, beberapa bulan terakhir mengalami kerugian mencapai puluhan juta rupiah, hal ini disebabkan karena cuaca yang tak mendukung.

    Dijelaskan oleh Suwiryo, ketika curah hujan tinggi, maka udang jarang makan yang akhirnya mengalami kematian. Selain nafsu makan berkurang, konsentrasi air setelah hujan juga sangat mempengaruhi kelangsungan hidup udang. Karena udang vaname hiduo di air payau, keseimbangan PH sangat menentukan kesehatannya.

    Dia menambahkan, dari lahan yang dimiliki mencapai 500 meter persegi mampu menampung bibit vaname sebanyak 450-500 ribu ekor. Akibat curah hujan yang tinggi, dari satu tambak itu dia berhasil memanen 4-5 ton udang vaname. Jumlah tersebut lebih sedikit daripada cuaca yang mendukung yang mencapai 6 ton.

    No comments:

    Post a Comment

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Fashion

    Beauty

    Travel