• Breaking News

    BI SUDAH MELUNCURKAN UANG NKRI BARU

    Tuesday, November 1, 2016

    HINDARI CALO DALAM PEMBUATAN SIM



    BREBES – Demi mendukung program pemerintah dalam hal pemberantasan pungutan liar (pungli), Satlantas Polres Brebes Polda Jateng mengadakan sosialisasi kepada para pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM) pada Selasa 1 November 2016

    Kepala Satuan Lalu Lintas Pores Brebes AKP Arfan Zulkan Sipayung melalui Bagian Urusan (Baur) SIM Aiptu Kusnanto melarang pemohon SIM melalui calo, karena bisa saja terjadi praktik pungli.

    Dijelaskan oleh Kusnanto bahwa SIM merupakan buku registrasi dan identifikasi yang diberikan oleh Polri kepada seseorang yang telah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, memahami peraturan lalu lintas dan trampil mengemudikan kendaraan bermotor.

    Dalam kesempatan itu, Kusnanto juga menerangkan betapa pentingnya kepemilikan SIM. Untuk itu pihaknya memberikan sosialisasi tentang kegunaan SIM dan bagaimana pengurusannya.

    Fungsi SIM merupakan bukti komptensi mengemudi, sebagai registrasi pengemudi kendaraan bermotor yang memuat keterangan identitas lengkap pengemudi. Data yang ada pada SIM juga untuk mendukung kegiatan penyelidikan, penyidikan dan identifikasi forensik kepolisian.

    Sementara itu untuk persyaratan, pemohon SIM wajib melampirkan KTP asli yang sah, fotocopy KTP, surat keterangan sehat jasmani (Dokter) dan rohani (psikolog).

    No comments:

    Post a Comment

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Fashion

    Beauty

    Travel