• Breaking News

    BI SUDAH MELUNCURKAN UANG NKRI BARU

    Tuesday, November 1, 2016

    KINI MASYARAKAT BISA AKSES INFORMASI PUBLIK LEBIH MUDAH



    BREBES - Untuk mewujudkan good governance, keterbukaan informasi publik merupakan suatu keharusan. Guna memenuhi kemudahan dalam mengakses informasi tersebut, pemerintah kabupaten Brebes melaunching aplikasi pelayanan informasi publik berbasis website.

    Pelaksana tugas Bupati Brebes Budi Wibowo yang hadir dan membuka acara tersebut menjelaskan bahwa untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, maka dibutuhkan keterbukaan dalam hal mekanismenya. Selain itu juga dibutuhkan proses yang cepat, tepat dan tanpa pungutan liar.

    Budi mengambil contoh dalam pengurusan perijinan ataupun e-KTP, pemerintah harus memberikan informasi mulai dari cara pengurusan hingga biaya yang harus dikeluarkan. Ketika mekanisme yang tercantum tanpa biaya, ini berarti petugas dilarang menarik uang sepeserpun.

    Dengan adanya keterbukaan informasi publik, maka akan terhindar dari praktik pungli. Karena masyarakat mengetahui mekanisme, baik persyaratan maupun biaya yang harus dikeluarkan dalam mengurus sesuatu.

    Sementara itu, Staff Ahli bidang pemerintahan Mayang Sri Herbimo dalam paparannya menjelaskan bahwa, secara garis besar, aplikasi berbasis website ini merupakan akses yang bisa digunakan untuk memperoleh informasi publik, tanpa harus datang kepada pejabat pengelola informasi publik. Semakin majunya perkembangan tekhnologi informasi, pemohon dapat dengan mudah mengakses segala informasi yang dibtuhkan.

    Melalui www.ppid.brebeskab.go.id masyarakat dapat mengakses semua informasi publik yang disediakan oleh seluruh SKPD di lingkungan Pemkab Brebes.

    Pemohon cukup mengakses laman tersebut, kemudian mengisi form yang disediakan, dan secara cepat akan mendapatkan informasi yang diinginkan.

    Acara ini dihadiri oleh seratusan peserta yang terdiri dari pengelola informasi publik, admin masing - masing SKPD dan oraganisasi non pemerintah.

    No comments:

    Post a Comment

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Fashion

    Beauty

    Travel