• Breaking News

    BI SUDAH MELUNCURKAN UANG NKRI BARU

    Tuesday, December 6, 2016

    KPU KABUPATEN BREBES TETAPKAN DAFTAR PEMILIH TETAP (DPT)

    Komisioner KPU Kabupaten Brebes saat Rapat Penetapan DPT


    BREBES – Beberapa tahapan pilkada telah dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), diantaranya penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang sudah dilakukan dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan daftar Pemilih Tetap tingkat KPU Kabupten Brebes. Rapat berlangusng di Gedung Korpri pada Selasa, 6 Desember 2016.

    Dijelaskan oleh Ketua KPU Brebes Muamar Riza Pahlevi, penetapan DPT merupakan tahapan pilkada, setelah sebelumnya sudah dirapatkan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan dan Panitia Pemungutan Suara di tingkat desa. Setelah dilakukan pencermatan dan penyempurnaan serta masukan dari masyarakat, jumlahnya bertambah 1300 orang dari DPS sebanyak 1.521.470 pemilih.

    Sehingga, dalam rapat yang diikuti oleh Panwas, PPK dan tim sukses masing – masing pasangan calon, KPU menetapkan untuk DPT pada pilkada 2017 nanti bertambah menjadi 1.522.560 pemilih.

    Penambahan tersebut, berdasarkan pada laporan dari masyarakat melalui posko pengaduan yang didirikan di masing – masing desa. Dimana pengurangan jumlah pemilih berdasarkan kepindahan penduduk, meninggal dan tidak memenuhi syarat saat verifikasi data karena belum melakukan perekaman e-KTP.

    Sedangkan itu untuk penambahan disebabkan karena mereka sudah melakukan perekaman e-KTP, dan adanya pemilih pemula yang baru berusia 17 tahun sebelum penetapan DPT, serta warga yang masuk menjadi penduduk Brebes.

    Sementara itu, Riza menambahkan, warga yang belum tercantum dalam DPT, bisa memberikan suaranya dengan membawa surat keterangan yang sudah disahkan oleh Disdukcapil. Mereka akan masuk pada Daftar Pemilih Tambahan yang bisa melakukan pencoblosan sekitar pukul 12.00 – 13.00 saat pilkada berlangsung.

    Berdasarkan data yang sudah ditetapkan, ada 765.753 pemilih perempuan dan 756.807 pemilih laki – laki. Sehingga jumlah totalnya adalah 1.522.560 pemilih yang tersebar di 3001 TPS se Kabupaten Brebes.

    Setelah ditetapkan, DPT nantinya akan dipasang di kantor kepala desa. Diharapkan masyarakat bisa melihat dan mencocokan kembali, apakah namanya sudah terdaftar atau belum. (rdt)

    No comments:

    Post a Comment

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Fashion

    Beauty

    Travel