• Breaking News

    BI SUDAH MELUNCURKAN UANG NKRI BARU

    Wednesday, January 4, 2017

    CURAH HUJAN TINGGI, WASPADAI DAERAH PINGGIR TANGGUL SUNGAI




    BREBES - Ratusan rumah di beberapa desa di wilayaah pantura Brebes terendam banjir. Ini menyusul hujan yang tak kunjung reda dari Selasa 3 Januari hingga Rabu 4 Januari 2017.

    Salah satunya berada di pinggir tanggul sungai Pemali, tepatnya di kampung Kauman, Kelurahan Brebes, Kabupaten Brebes. Air menggenangi hampir seluruh pemukiman warga dengan ketinggian 40 Cm (lutut orang dewasa).

    Seorang warga yang rumahnya terkena banjir Heri (50) menuturkan, air sudah mulai masuk ke dalam rumah mulai pukul 07.00 pagi. Namun, semakin siang semakin meninggi.

    Menurut Heri, banjir yang menimpa rumahnya berasal dari rembesan air sungai pemali melalui tanggul.

    Kejadian lebih parah pernah terjadi, dimana rumah Heri terendam sampi ventilasi. “Kalau tidak salah sekitar tahun 1998, padahal tanggul baru dibangun”.

    Selain Kampung kauman yang berada di sebelah timur tanggul Sungai Pemali, beberapa desa yang terkena banjir diantaranya adalah Desa Bojongsari Kecamatan Losari, Desa Cimohong Kecamatan Bulakamba, Desa Ketanggungan, Desa Cikeusal Lor Kecamatan Ketanggungan, Desa Pejagan Kecamatan Tanjung, Desa Pebatan, Desa Lengkong Kecamatan Wanasari, Desa Pesantunan Kecamatan Brebes.

    Menurut penuturan warga di semua tempat yang terdampak banjir mengungkapkan, banjir ini disebabkan debit air sungai yang banyak, sehingga meluap yang mengakibatkan pemukiman sekitar terendam banjir.

    Hal senada juga disampaikan Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Brebes Eko Andalas. Ia menuturkan, debit sungai yang meningkat mengancam beberapa tanggul yang rawan jebol. Apa lagi, kondisi diperparah manakala daerah selatan huja deras, sehingga daerah pantura dipastikan deras debit air sungainya. (radit)

    No comments:

    Post a Comment

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Fashion

    Beauty

    Travel